Please enable JS

FAQ (Frequently Asked Questions)

Tidak. Semua peserta yang memenuhi syarat memiliki kesempatan yang sama.
Proses pendaftaran dan seleksi sama sekali tidak dipungut biaya.
BOLEH melamar. Apabila lolos, status anda adalah pegawai kontrak dengan pendidikan yang anda lamar. Pegawai Kontrak Undip tidak ada skema perijinan melanjutkan pendidikan, apabila anda sedang menempuh S2 maka kegiatan perkuliahan anda tidak boleh mengganggu pekerjaan di hari dan jam kerja yang ditentukan.
Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (Maks 4.00), dengan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Kemdikbudristek.
Pada negara-negara tertentu, ada perbedaan sistem pendidikan yang mendasar dibandingkan dengan di Indonesia. Hal ini dilihat dari jumlah kredit, jumlah jam kuliah, internship, field project yang dibuktikan dengan adanya final project report yang tertera dalam transkrip akademik. Khusus di negara Australia dan beberapa perguruan tinggi cabangnya di negara lain, hanya Bachelor of Honours yang dapat disetarakan dengan program Sarjana di Indonesia. Selain Bachelor of Honours, maka ijazahnya disetarakan dengan jenjang Diploma Tiga. Program Bachelor yang regular (non Honours) dapat disetarakan dengan Sarjana, apabila dalam kurikulum seorang mahasiswa melakukan internship, atau melakukan field project + final project report, atau thesis, yang dibuktikan dengan tercantumnya mata kuliah tersebut pada transkrip akademik. Tugas mata kuliah dalam bentuk tulisan ilmiah, tidak dapat disamakan dengan tesis. Untuk negara lain, program Bachelor dengan Honours tidak selalu dapat disetarakan dengan Sarjana.
TIDAK. Unggahan berkas administrasi merupakan bagian dari penilaian peserta dalam hal ketelitian membaca pengumuman, persyaratan, dan penyerahan berkas pendaftaran.
Utamakan mendaftar jabatan dengan syarat kualifikasi pendidikan yang sesuai. Apabila berbeda namun masih 1 (satu) rumpun bidang, dan memenuhi persyaratan teknis lainnya, maka anda dipersilakan melamar.
Perguruan Tinggi masing-masing umumnya menyediakan sertifikat akreditasi, dan data akreditasi dapat kami kroscek melalui https://www.banpt.or.id/ Misal, Saudara lulus tahun 2019, maka pilihlah periode akreditasi yang sesuai. Memasukkan data akreditasi yang tidak valid, akan menggugurkan pendaftaran pelamar.
Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran sebanyak 1 (satu) kali. Pelamar tidak dapat mengubah / mengedit / membatalkan lamaran setelah klik submit. Pastikan seluruh isian data pendaftaran online telah sesuai sebelum pelamar melakukan submit.
Pelamar tidak perlu mengirimkan berkas fisik, dan tidak perlu datang ke Undip pada tahap pendaftaran. Namun, pelamar wajib memperhatikan pengumuman dan menyiapkan berkas-berkas tertentu yang dibutuhkan pada tahapan seleksi.
Pelamar dapat login pada laman http://rekrutmen.undip.ac.id/ untuk melihat pengumuman kelulusan, jadwal dan tempat seleksi berikutnya yang harus diikuti.
Pelamar tidak lolos seleksi administrasi karena alasan antara lain:
  • Tidak memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditetapkan;
  • Berkas isian data pendaftaran online tidak dapat diakses karena file corrupt; atau
  • Berkas isian data pendaftaran online tidak sesuai. Misal pelamar mengunggah file gambar anak pada kolom unggahan KTP.
  • Pelamar tidak lolos seleksi ujian tulis maupun wawancara karena tidak memenuhi kualifikasi yang ditetapkan
    Pelamar wajib lapor melalui https://ppid.undip.ac.id/pengaduan/ apabila menerima informasi semacam itu. Selama proses seleksi tidak ada korespondensi/komunikasi secara pribadi / perorangan dalam bentuk apapun antara pelamar dan panitia rekrutmen. Seluruh informasi resmi diunggah pada laman http://rekrutmen.undip.ac.id/ dan https://kepegawaian.undip.ac.id/
    • Klik "Lupa Password?" di laman Login
    • Masukkan email yang telah terdaftar di Sistem Rekrutmen lalu klik "Reset"
    • Setelah ada notifikasi "Berhasil" dari sistem, sistem akan mengirim tautan pada email yang anda masukkan
    • Periksa inbox/kotak masuk/spam pada email anda, buka inbox/kotak masuk/spam dari pengirim rekrutmen.undip@gmail.com
    • Klik tautan "RESET PASSWORD" pada email yang telah dikirimkan
    • Periksa kembali inbox/kotak masuk/spam pada email anda, buka inbox/kotak masuk/spam dari pengirim rekrutmen.undip@gmail.com, Password baru akan dikirimkan melalui email
    • Silakan login menggunakan username dan password baru yang kirimkan melalui email dari pengirim rekrutmen.undip@gmail.com
    • Jika tidak mendapat email reset password, silakan coba kembali pada hari lain untuk reset password karena email reset password akan dibatasi perhari
    silakan langsung login menggunakan EMAIL sebagai username dan PASSWORD (yang anda daftarkan) pada laman Login.